Kapoldasu : Polisi Akan Bertindak Tegas Bubarkan Setiap Kerumunan Massa

j

https://edit-proofread.com/apa-editor

jalurtoba.com ( Medan ) – Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin, M.Si menegaskan akan melakukan pembubaran setiap kegiatan yang menyebabkan berkumpulnya banyak orang atau kerumunan massa.

Hal ini disampaikan Kapolda Sumut dalam rapat kontijensi Aman Nusa II Toba didampingi Wakapoldasu Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, SH, SIK. MHum dan Karo Ops Kombes Pol Drs Makmur Ginting, Jumat (27/03/2020) di Mapoldasu.

“Guna mengantisipasi penyebaran wabah virus corona ( covid-19 ), polisi akan bertindak tegas membubarkan berkumpulnya banyak orang atau kerumunan massa pada siang atau malam hari” ujar Martuani.

Para Kasatwil di pantai timur diminta untuk tegas melaksanakan Maklumat Kapolri dan berikan himbauan kepada masyarakat apabila masih ada yang berkumpul maka akan dipidana.

Jenderal bintang dua itu menekankan agar satgas yang telah ditunjuk dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik. Satgas sepenuhnya diminta untuk mengantisipasi kejadian yang ada di Kendari agar tidak terjadi di Sumut yaitu dengan melakukan pengawalan terhadap jenazah korban virus Covid-19 dan memastikan jenazahnya sudah diplastikkan sesuai dengan SOP.

Selain itu, Kasat Brimob Polda Sumut dan Dir Samapta Polda Sumut agar memfasilitasi personil dengan APD dan sepatu karet saat melakukan sterilisasi agar tidak terpapar bahaya virus Covid-19.

Kepada Dit Intelkam diperintahkan melakukan mapping masyarakat yang menjadi PDP dan ODP agar dapat dimonitor segala pergerakan mereka sehingga penularan Covid-19 tidak semakin berkembang.

Pada bagian akhir seluruh personil Poldasu diminta waspada dan mengingatkan anggota keluarga agar mematuhi himbauan untuk tetap dirumah saja. ( har ).