Polrestabes Medan Ungkap Pencurian Pagar Besi Lapangan Merdeka - Pemko Medan Beri Apresiasi

Kapolrestabes Medan didampingi Kapolsek Medan Barat saat temu press

Jalurtoba.com ( MEDAN ) – Polrestabes Medan menggerakkan Personel Team Khusus (Timsus) Unit Reskrim Polsek Medan Barat dan berhasil mengungkap kasus hilangnya pagar besi yang berada di Lapangan Merdeka Jalan Bukit Barisan, Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan, Provinsi Sumut.

Selain menyita barang buktinya berupa 1 buah gergaji besi, 1 unit Beca bermotor (Betor) warna hitam tanpa plat polisi dan 2 batang potongan besi pagar warna putih, polisi juga turut menangkap 2 dari 4 orang tersangkanya yang masing-masing berinisial M alias Entok,35, warga Jalan Adam Malik Gang Peringatan, Kelurahan Silalas, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dan ARL,42, yang berdomisili di Jalan Teratai, Kelurahan Hamdan, Kecamatan Medan Timur, Kota Medan, Provinsi Sumut.

Sedangkan untuk 2 rekan tersangka lainnya yang berinisial KH dan S alias Wak Leh masih dalam pengejaran petugas (Buron).

“Kasus pencurian pagar besi Lapangan Merdeka yang merupakan milik Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan ini terjadi, Senin (13/04/2020) sekira pukul 20.00 WIB. Lalu kasus pencurian dengan pemberatan (Curat) tersebut dilaporkan oleh Surya Darma ST, 38, yang merupakan PNS di Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan ke Mapolsek Medan Barat, “terang Kapolrestabes Medan, Kombes Jhonny Edizzon Issir yang didampingi Kapolsek Medan Barat, Kompol Afdhal Junaidi SIK MM, MH dan Kanit Reskrim, Iptu Prasetyo Triwibowo saat press release di Mapolsek Medan Barat, Jumat (01/05/2020).

Berbekal laporan polisi bernomor LP/108/IV/2020 tersebut, masih dipaparkan Kapolrestabes Medan, personel Timsus Unit Reskrim Polsek Medan Barat pun lantas melakukan penyelidikan. Hingga akhirnya, Senin (27/04/2020) kemarin keberadaan salah seorang tersangka yang berinisial M alias Entok berhasil terendus oleh petugas. Tidak butuh waktu lama tersangka inipun dengan mudah ditangkap.

“Begitu kita interogasi, tersangka M alias Entok ini mengakui perbuatannya telah mencuri pagar besi di Lapangan Merdeka Medan bersama dengan ketiga rekannya yang berinisial ARL alias Rizal, KH dan S alias Wak Leh, “ungkap Kombes Jhonny Edizzon Issir.

Selanjutnya, Timsus yang dipimpin Kanit Reskrim Polsek Medan Barat, Iptu Prasetyo Triwibowo inipun langsung bergerak ke kawasan Bahorok, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumut dan berhasil kembali menangkap tersangka ARL alias Rizal. Guna pemeriksaan lebih lanjut kedua maling pagar besi inipun langsung diboyong ke Mako Polsek Medan Barat.

Dalam melakukan aksi kejahatannya masih dikatakan Jhonny Edizzon Issir, para tersangka ini memiliki peran masing-masing. Di mana peran tersangka M alias Entok dan ARL alias Rizal ini menyamar sebagai tukang beca yang tugasnya sebagai pemantau orang yang melintas di Tempat Kejadian Perkara (TKP) tersebut.

Sedangkan kedua tersangka lainnya yang masih buron yakni KH dan S alias Wak Leh menyamar sebagai pekerja Lapangan Merdeka yang bertugas memotong pagar besi tersebut.

“Mereka ini nekat mencuri pagar besi tersebut karena butuh uang untuk membeli Narkoba, “pungkasnya mengakhiri.

APRESIASI PEMKO MEDAN

H.MHD Husni

Pj Walikota Medan Ir.Ahyar Nasution, MSi melalui Kadis Kebersihan dan pertamanan H. Mhd Husni, SE, MSi yang juga Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Medan mengucapkan terima kasih dan apreasiasi kepada Bapak Kapolrestabes Medan dan jajarannya yang sangat peka dan tanggap terhadap kasus pencurian besi pagar Lapangan Merdeka .

“Semoga sinergitas terus dapat dibangun untuk bekerjasama menjaga kota Medan tercinta dan kami siap mendukung program Polrestabes Medan bersama pramuka dalam menciptakan kamtibmas dan pengamanan ibadah puasa dan idul fitri” ujar Husni.

( red )